Wolfgang Pikal Berminat Jadi Pelatih PSM Makassar

Pria asal Austria ini pun menyatakan minatnya untuk mengisi lowongan sebagai pelatih salah satu klub besar di Indonesia, PSM Makassar.
PSM Makassar adalah klub tertua di Indonesia yang punya tradisi juara. Menjadi pelatih kepala di PSM Makassar adalah pekerjaan menantang, tandas Wolfgang Pikal beberapa waktu lalu.
Kalau manejemen PSM Makassar memberikan kesempatan menjadi pelatih, saya ingin mengembalikan PSM Makassar sebagai klub yang disegani, tekadnya.
Selain pernah turut menukangi Timnas Indonesia, pria bule yang beristrikan perempuan asli Indonesia ini memiliki Lisensi UEFA dan 20 sertifikat kepelatihan dari klub-klub Eropa, termasuk Arsenal, Aston Villa, dan Ajax Amsterdam. Wolfgang Pikal juga sempat menjadi pelatih di Akademi Real Madrid Asia.
Saya tak terlibat dengan sepakbola selama 10 tahun. Tapi pada 1999, saya melatih di Bali, tutur Wolfgang Pikal.
Dick Buitelaar, mantan pelatih NAC Breda di Eredivisie (Liga Belanda) yang ketika itu melatih Perseden Denpasar mengatakan kalau saya punya bakat melatih dan ia mendorong saya untuk mendapatkan sertifikat pelatih, kisahnya.
Wolfgang Pikal pun mengaku bahwa ia sudah sangat mencintai Indonesia. Saya telah bermukim di sini (Indonesia) selama 20 tahun, menikah dengan orang Indonesia, punya anak-anak Indonesia, dan mencintai negara serta orang-orang di sini, tutup pelatih yang juga mengantongi Lisensi FA dan KNVB ini.

chinasiemens.com 99 dewa Sumber: Sidomi